BannerBerita

Hasil Kunjungan Kerja Bupati Eddy Berutu ke Sleman, Perusahaan Pupuk Cair Hayati Nasional Bakal Buat Demplot di Dairi

DAIRIKAB.go.id – Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu mengunjungi salah satu perusahaan pupuk cair hayati di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Rabu (21/6/2023). Dalam kunjungan itu, Bupati turut didampingi Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Dairi, Robot Simanullang.

Bupati mengatakan, kunjungan ke salah satu perusahaan pupuk cair hayati, PT Indoraya Mitra Persada untuk menjajaki kerjasama atau sharing soal pupuk cair hayati.

Menurutnya, informasi yang diperolehnya pupuk cair yang sudah dipasarkan ke luar negeri seperti Jepang, Australia, Jordania, hingga negara lain mampu meningkatkan hasil pertanian para petani.

“Untuk itulah saya dan dinas pertanian kemarin berkunjung ke sana. Di sana kami mendapat penjelasan langsung dari perusahaan PT Indoraya Mitra Persada bagaimana fungsi pupuk cair hayati organik itu. Kami juga diajak melihat hasil pupuk cairnya,” kata Bupati.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Robot Simanullang, kunjungan ke Sleman itu dalam rangka menjajaki kerjasama dengan PT Indoraya di Sleman.

Hasilnya kata Robot, pihak perusahaan merespon apa yang menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini permintaan Bupati. Misalnya, Pemerintah Dairi berharap sebelum ada kerjasama dilakukan terlebih dahulu Demplot atau percontohan pupuk cair apakah cocok digunakan di Dairi.

Lalu selanjutnya, jika hasilnya memuaskan maka kerjasama akan dilanjutkan. Dan menurut Robot, pihak perusahaan sedang memikirkan di mana lokasi Demplot.

“Tapi pada prinsipnya mereka sangat setuju dibuat Demplot di Dairi. Nanti petani kita akan terlebih dahulu akan diajari bagaimana penggunaan pupuk cair hayatinya,” jelas Robot.

Robot mengatakan, dalam kunjungan tersebut Bupati juga diajak melihat produk-produk perusahaan pupuk cair hayatinya.

“Kami di ajak melihat pabriknya langsung. Lalu kami juga diperlihatkan bagaimana mekanisasi pertanian menggunakan pupuk cair hayati yang dikembangkan mereka. Kami juga senang, respons mereka cukup baik. Semoga penjajakan kerjasama ini berhasil,” ucapnya. (j)

Related Articles

Back to top button