BannerBerita

PLTMH Lau Gunung di Kabupaten Dairi Juni 2020 Direncanakan Akan Beroperasi

            Pemerintah Kabupaten Dairi menerina kunjungan manajemen PT. Nusantara Infrastructure, Tbk. pada Rabu (16/10/2019) di Ruang Kerja Bupati Dairi. Kunjungan melaporkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), yang di hadiri oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, General Manager Corporate Affairs PT. Nusantara Infrastructure Deden Rochmawaty, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Eddy Banurea, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi Posmatua Manurung, S.Sos, Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Dairi Sahat Sianturi dan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Dairi Mahadi Kudadiri

            Dalam paparannya, General Manager PT. Nusantara Infrastructure, Tbk mengatakan pihaknya saat ini telah melakukan tahap akhir pengerjaan PLTMH di Desa Lau Gunung, Kecamatan Tanah Pinem. Proses pengerjaan tersebut di katakan akan berada di bawah perusahaan PT. Inpola Meka Energi dengan kapasitas sebesar 15 MW. “Saat ini proses pengerjaannya sampai di bulan September 2019 sudah mencapai 71,6%,” jelasnya. Ia mengatakan, PLTMH tersebut memiliki Daerah Aliran Sungai (DAS) sebesar 519,34 km2 yang di rencanakan akan dapat selesai dan beroperasi pada Juni 2020. Lebih lanjut Ia terangkan bahwa PLTMH tersebut nantinya akan di distribusikan sebesar 20 KV di dua jaringan, antara lain Kabupaten Dairi. “Setelah pembangunannya selesai, akan di beli dan di kelola oleh pihak PLN Sumatera Utara,” terangnya.

            Bupati Dairi dalam kesempatan tersebut menyambut baik akan beroperasinya pembangkit energi di Kab. Dairi dan mengharapkan supaya mengutamakan penyalurannya utk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Dairi. “PLTMH ini nantinya di harapkan mulai produksi tahun 2020. Dengan adanya pembangunan ini semoga dapat memberikan dampak positif kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dairi khususnya kepada masyarakat Desa Lau Gunung Kecamatan Tanah Pinem,” ucap Bupati Dairi. Beliau juga berharap kepada pihak perusahaan yang mengerjakan pembangunan tersebut agar selalu dapat berkoordinasi kepada Pemerintah Kabupaten Dairi terkait dengan tahap proses pembangunan dimaksud.

Related Articles

Back to top button