BannerBerita

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Dairi, Ajak Pelajar Silahisabungan Cerdas Mengelola Keuangan Sejak Dini

DAIRIKAB.go.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional V Sumatera Utara, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Utara, Bank Sumut Sidikalang dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Dairi melaksanakan aksi pelajar Hari Indonesia Menabung dengan tema “Pelajar Kabupaten Dairi Cerdas Mengelola Keuangan Sejak Dini”. Selasa (15/8/2023) di Aula Gereja Katolik St. Maria Bunda Karmel Silahisabungan.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu diwakili Plh. Sekda, Suasta Ginting, S.Sos, M.AP menyampaikan bahwa budaya menabung sejak dini memiliki beberapa manfaat yaitu melatih kedisiplinan, kesabaran, pengelolaan keuangan, pola hidup sederhana, dan merencanakan keuangan masa depan”.

Kita ketahui sangat banyak manfaat menabung, untuk itu kami mengajak guru dan lembaga keuangan agar mendorong pelajar agar memanfaatkan program Simpanan Pelajar (SimPel),” Ujarnya.

Selanjutnya, Kabag Perekonomian Setdakab Dairi Lipinus Sembiring, ST menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dan implementasi dari Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019 Tentang Hari Indonesia Menabung, dan Keputusan Bupati Dairi Nomor 28/580.05/I/2021 Tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap inklusi keuangan dan upaya menumbuhkan budaya serta mendorong masyarakat untuk menabung sejak dini.

“Kita berharap, pelajar ini nantinya bisa menabung sejak dini, sehingga harapan kita, nantinya mereka bisa mengelola keuangan dengan baik, dan hal itu dapat mendorong budaya yang baik di masyarakat,” Tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa SMAN 1 Silahisabungan dan SMPN1 Silahisabungan.

Pada kegiatan ini, para siswa juga mendapatkan bimbingan dan arahan terkait pentingnya menabung dari OJK, BI Sumut, dan Bank Sumut. Tidak hanya itu, pelajar juga memperoleh kesempatan untuk mempraktikkan penggunaan QRIS untuk berbelanja. (JoBe)

Related Articles

Back to top button