BannerBerita

KPU Apresiasi Perhatian Pemkab Dairi dalam Mensukseskan Tahapan Pemilu di Dairi

SIDIKALANG – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi pada Rabu (27/10/2021) di ruang rapat Bupati.

KPU Kabupaten Dairi melakukan pertemuan dengan Bupati Eddy guna membahas tahapan-tahapan persiapan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang akan dilakukan oleh pihak penyelenggara dalam hal ini KPU di wilayah Kabupaten Dairi. Pertemuan ini juga sekaligus membahas berbagai rencana dan kebutuhan yang dibutuhkan pihak penyelenggara pemilu agar dapat didukung oleh pihak pemerintah.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Dairi menyampaikan pihaknya sebagai pemerintah daerah tentu sangat senang bisa memberikan dukungan kepada KPU sebagai penyelenggara pemilu dalam menjalankan tugasnya, khususnya menyangkut tahapan yang akan dilakukan oleh KPU, baik terkait data pemilih yang sudah akan dilakukan mulai tahun 2022 mendatang juga tahap-tahap selanjutnya dalam Pemilu Serentak yang dilakukan oleh KPU di Dairi.

“Pemkab Dairi siap mendukung KPU dalam pelaksanaan tahapan tersebut”, ujar Eddy Berutu.

Terhadap usulan KPU atas kebutuhan lahan pembangunan kantor KPU, Bupati Eddy Berutu mengatakan saat ini pemerintah sedang berusaha untuk membenahi aset-aset Pemkab dan Pemkab akan mendukung dan memudahkan tugas-tugas penyelenggaraan pemilu di Dairi yang dilakukan oleh KPU Dairi.

“Apapun agenda atau tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU Dairi harus kita laksanakan. Kami sebagai pemerintah daerah akan tetap selalu mendukung dengan penuh demi suksesnya seluruh tahapan Pemilu yang akan dilakukan di Kabupaten Dairi”, ujar Eddy Berutu.

Disisi lain, Bupati Eddy Berutu juga menyampaikan untuk tahapan Pilkades yang akan berlangsung bulan November 2021, dirinya berharap pihak penyelenggara agar saling berkoordinasi dengan instansi terkait sehingga pelaksanaan Pilkades serentak yang sebentar lagi akan berlangsung di 106 Desa yang ada di Kabupaten Dairi bisa berjalan dan terlaksana dengan lancar.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Dairi Freddy Sinaga dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi yang memberikan dukungan dan perhatian penuh kepada pihaknya dalam memudahkan tugas-tugas penyelenggaraan Pemilu khusunya di wilayah Kabupaten Dairi.

“Diantaranya penyediaan data pemilih di Dairi yang menurutnya sangat membantu tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 nantinya yang dilakukan oleh Disdukcapil Dairi”, ujarnya.

Freddy mengutarakan beberapa kesulitan yang dihadapi KPU saat ini diantaranya terkait dengan data yang warga yang telah meninggal dunia.

“Data boleh dihilangkan (meninggal dunia) ketika masyarakat melapor langsung kepada Dinas Dukcatpil. Dengan adanya data yang meninggal, di KPU itu langsung di coret. Kami harapkan bantuan dari Pemkab Dairi untuk data yang meninggal apakah ada data yang berkala agar disampaikan kepada kami”, kata Freddy.

Pada kesempatan itu juga, Freddy menyampaikan dalam pelaksanaan berbagai tahapan Pemilu yang akan dilakukan, pihaknya berencana akan melaksanakan program Desa Peduli Pemilu sebagai bentuk sosialisasi Pemilu 2024.

“Kiranya dukungan oleh pemkab juga dapat diberikan agar program yang merupakan bagian dari tahapan ini bisa terlaksana dengan baik”, ujarnya.

Dikesempatan itu, Freedy juga menyampaikan permohonan hibah lahan kepada Pemkab Dairi untuk pengadaan lahan seluas 2000 meter yang akan digunakan untuk membangun Gedung KPU Dairi.

Related Articles

Back to top button