BannerBerita

Wujud Penyelenggaraan Satu Data, Diskominfo Dairi Bagikan Buku PDRB ‘Kabupaten Dairi Dalam Angka’

DAIRIKAB.go.id- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi, melalui bidang Sumber Daya Komunikasi (SDK) membagikan buku “Kabupaten Dairi Dalam Angka Tahun 2021” dan buku Produk Domestik Regional (PDRB) Tahun 2017-2021 kepada seluruh OPD dan kecamatan Pemkab Dairi, Jumat (20/1/2023).

Kadis Kominfo, Aryanto Tinambunan melalui Kabid SDK Judit Rosdiana Papilaya Napitu, didampingi Kasi Statistik dan Persandian, Mona Lidya Sianturi S.Sos mengatakan, buku ini disusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi.

“Yang menyusun isi buku adalah BPS dan Dinas Kominfo sebagai wali data pemerintahan daerah mencetak dan menyalurkan buku ini ke setiap OPD dan Kecamatan, agar OPD dan Kecamatan bisa mengetahui data-data yang ada di Kabupaten Dairi. Hal ini dilakukan untuk membantu program Pemerintah sesuai dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan turunannya Perbup Nomor 38 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan Satu Data Indonesia,” kata Judit Rosdiana. 

Dikatakan Judit, publikasi PDRB Kabupaten Dairi menurut lapangan usaha 2017-2021 ini merupakan kelanjutan dari publikasi tahun-tahun sebelumnya yang disusun oleh BPS Kabupaten Dairi. Publikasi ini menggunakan data tahun dasar 2010, dan ruang lingkup serta metodologi mengacu pada Sistem Neraca Nasional (System of National Accounts/SNA 2008).

“Publikasi ini memuat tinjauan mengenai perkembangan perekonomian Dairi yang disajikan secara deskriptif. Di samping itu, disajikan pula tabel-tabel PDRB tahun 2017-2021 atas dasar harga berlaku maupun konstan 2010 dalam bentuk nilai nominal dan persentase. Sebagai pelengkap ulasan tabel-tabel, disajikan pula konsep, definisi, dan penjelasan PDRB menurut lapangan usaha. Beberapa angka yang disajikan masih bersifat sangat sementara, terutama angka tahun 2021 karena belum tersedianya data secara lengkap dan akan disempurnakan pada penerbitan selanjutnya,” jelasnya. 

Selanjutnya dikatakan Judit, buku Kabupaten Dairi Dalam Angka ini merupakan merupakan publikasi tahunan dan merupakan lanjutan dari Publikasi Kabupaten Dairi Dalam Angka 2020, berisi data dan informasi yang bersumber dari kegiatan rutin, survei, dan sensus yang dilaksanakan oleh BPS sebagai data primer, serta data sekunder yang dihimpun dari instansi pemerintah, BUMN/BUMD, dan swasta di wilayah Kabupaten Dairi.

“Secara garis besar, publikasi yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik ini memuat data statistik tentang kondisi geografis, pemerintahan, kependudukan, ketenagakerjaan, pertanian, industri, pertambangan, energi, konstruksi, air minum, listrik, perhubungan dan komunikasi, keuangan dan perbankan, dan Produk Domestik Regional Bruto,” ucapnya. (JoBe)

Related Articles

Back to top button