BannerBerita

Perdana, Pelantikan Ketua TP PKK Desa di Kecamatan Sumbul, Romy Mariani : Mari Bantu Tugas Kades Sebagai Pelayan Masyarakat

Sumbul – Ketua TP PKK kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu menghadiri pelantikan 9 (Sembilan) ketua PKK desa di kecamatan Sumbul, Rabu (19/01/2022) bertempat di aula Kantor camat Sumbul. Kegiatan ini dirangkai juga dengan pengukuhan Bunda Paud desa, Kecamatan Sumbul.

Pengukuhan sendiri dipimpin oleh Camat Sumbul, Rimson Simamora. sementara pelantikan 9TP.PKK desa yakni Desa Pegagan Julu 2, Pegagan Julu 4, Pegagan Juku 5, Pegagan Julu 6, Pegagan Julu 7, Pegagan Julu 8, Pegagan Julu 9, Pegagan Julu 10 dan desa Dolok Tolong dilakukan oleh Ketua TP.PKK kecamatan, Ny. Ivorina Rimson Simamora.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pemerintahan Desa (Dispemdes), Bahagia Ginting, mewakili Kepala Dinas Pedidikan, Jaspin Sihombing, Ketua Pokja, Elvinla Hutapea, pengurus TP. PKK Kabupaten dan para Kepala Desa dari 9 Desa di Kecamatan Sumbul.

Ny. Romy Mariani Eddy Berutu dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan ini, seraya berpesan bahwa sebagai istri kepala desa, Istri adalah pendamping bagi suami kita sebagai kepala desa agar bisa melaksanakan tugasnya melayani masyarakat.

“Tugas kepala desa sebagai pejabat pada hakikatnya adalah pelayan masyarakat, maka sebagai istri, kita juga bertanggungjawab atas jabatan yang diemban itu untuk mewujudkan cita-cita masyarakat desa kita masing masing”, terang Romy dihadapan para kepala desa terpilih pada Pilkades serentak November lalu.

Romy menyebut, tugas kepala desa sebenaranya sudah sangat terbantu bila sebagai perempuan kita sudah bergerak untuk bekerja. Namun sebaliknya, PKK juga butuh support dari kepala desa melalui kebijakan-kebijakannya. Tidak hanya PKK, kata Romy, Paud juga membutuhkan suport dan dukungan dari kepala desa.

“Intinya, kita butuh support kebijakan dari kepala desa, namun kita tidak boleh mencampurinya”, kata Romy tegas.

Dijelaskan, PKK adalah mitra bagi pemerintah dalam menyukseskan pembangunan yang dimulai dari keluarga, sebagai bagian terkecil dari masyarakat.

“Kekuatan keluarga dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan anak sejak usia dini adalah sangat penting dalam membangun generasi emas bangsa. Kekerasan dalam rumah tangga dipengaruhi oleh pendidikan dan pengetahuannya yang rendah.Untuk mengatasinya, tugas bunda paud lah yang harus mampu mensosialisasikan bagaimana pentingnya peranan paud yang bisa diaampaikan melalui toko-tokoh masyarakat. Percayalah tugas bunda paud ini adalah tugas mulia”, tegasnya mengakhiri.

Sebelumnya, Kepala dispemdes, Bahagia Ginting meminta kepada seluruh kepala desa yang hadir untuk bersegera menyusun program kerja, termasuk yang berkaitan dengan PKK dan paud.

“Terlebih kepada kepala desa yang baru ? Saya memgingatkan agar dalam prorgramnya disusun keterlibatan PKK dan Paud. Sehingga PKK dan Paud akan punya kegiatan yang akan berdampak positif bagi kemajuan desa”, pungkas Bahagia.

Senada dengan kepala Dispemdes Camat Sumbul, Rimaon Simamora dalam arahannya menyampaikan bahwa pelantikan ini adalah perdana dalam pelatikan ketua PKK dan bunda Paud se kabupaten.

Ia berharap, 9 kepala desa yang terpilih pada pilkades serentak 2021 lalu, memiliki semangat baru bagi kita untuk membantu meyukseskan pembangunan di desa melalui tugas kita masing-masing.

“Dan bagi kepala desa terutama kepala desa yang baru, saya juga minta memberi perhatian kepada PKK dan paud”, katanya menutup.

Tidak lupa, dalam kegiatan, Ketua TP.PKK sekaligus bunda Paud Kabupaten memyematkan pin dan selempang kepada ketua TP PKK desa dan bunda Paud desa yang dilantik dan dikukuhkan.

Related Articles

Back to top button
div style="display:none"> indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024/ indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024 indonesia2024