https://kuesioner.oxygen.id/nbproject/private/spulsa/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/-/rs-dana/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/plugins/demo-gratis/ https://akhmal.smkn1samarinda.sch.id/wp-includes/spulsa/ https://aeac.psti.unisayogya.ac.id/wp-includes/system/ https://taep.umm.ac.id/template/app/ https://sinar.febi.iainlangsa.ac.id/febisystem/plugins/selotgacorku/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/class/sdana/ https://lapor.jogjaprov.go.id/admin/demo/ https://desawisata.kemendesa.go.id/vendor/sgacor/

https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://silatnaker.demakkab.go.id/assets/img/products/ https://simpatiacademy.sumedangkab.go.id/app/ https://alatberatbekasjepang.com/ http://io.unand.ac.id/baru/ https://reguler.live.unpad.ac.id/app/ https://keperawatan.poltekkes-smg.ac.id/wp-includes/gacor-kamboja/ https://sigastra.radenintan.ac.id/app/sgacor/ https://rumahnegara.imigrasi.go.id/rumah-dinas/-/data/ http://mpbi.fkip.unib.ac.id/wp-includes/app/
Pemkab Dairi Soft Launching Kopi Kapsul Sidikalang dan Tenun Ulos Silahisabungan di Pos Bloc Medan, Sabtu di event F1H2O – PEMKAB DAIRI
BannerBerita

Pemkab Dairi Soft Launching Kopi Kapsul Sidikalang dan Tenun Ulos Silahisabungan di Pos Bloc Medan, Sabtu di event F1H2O

DAIRIKAB.go.id – Pemerintah Kabupaten Dairi terus gencar memperkenalkan kopi Sidikalang dan tenun ulos Silahisabungan.

Promosinya yang dilakukannya pun tidak sederhana. Ada inovasi dari dari masing-masing produk unggulan yang dipromosikan. Kopi misalnya, kemasannya berbeda dari sebelumnya kali ini berbentuk kapsul. Lalu tenun yang sudah diversifikasi untuk sandal dan sepatu.

Kepala Dinas Perindag UKM Kabupaten Dairi, Iwan Taruna Berutu mengatakan pemerintah gencar mempromosikan produk unggulan dari Kabupaten Dairi. Seperti yang dilakukan hari ini, promosi kopi dan tenun ulos Silahisabungan yang sudah diversifikasi seperti sandal dan sepatu.

“Dairi punya kopi Sidikalang dan ulos Silahisabungan. Kopi Sidikalang punya cita rasa yang enak, sudah tersohor. Lalu tenun ulos Silahisabungan yang alami, tanpa pewarna. Nah inilah yang kami promosikan hari di pos blok Medan,” kata Iwan Taruna Berutu dalam acara ngobrol kreatif dan sekaligus soft launching kopi kapsul Sidikalang dan tenun Silahisabungan, Rabu (22/2/2023) di Pos Bloc, Medan.

Iwan Taruna mengatakan, soft launching yang dibuat di Kota Medan dengan menghadirkan narasumber punya jaringan di bidang kopi yakni Michael Rudi dari Industri Kopi Kapsul, Denny Sitohang dari Lake Toba Cofee Ekosistem, Jonsen Huang dari Aeki Sumut, dan Koko dari Medan Barista Community, pemuda pegiat kopi, dan mahasiswa asal Dairi.

“Kita sengaja menghadirkan praktisi kopi dan ekosistem kopi. Kita berdiskusi menjalin kolaborasi berbagai pihak terkait pengembangan produk pelaku ekonomi kreatif UMKM,” katanya.

Iwan Taruna menambahkan, selain di Kota Medan, kopi kapsul dan tenun ulos Silahisabungan ini akan dipromosikan pada acara cultural night dinner pada event F1H2O di Danau Toba pada tanggal 24 -26 Februari 2023.

“Ini adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi untuk memperkenalkan kopi Sidikalang dan tenun ulos Silahisabungan. Ini juga sebagai upaya pemerintah dalam mengembangkan UMKM yang ada di Kabupaten Dairi,” ujarnya.

Ada Peran Eddy Berutu
Sementara Michael Rudi dari Industri Kopi Kapsul mengatakan masyarakat dairi harus berbangga hati karena punya kualitas kopi yang sangat enak dan punya cita rasa dan didukung iklim yang sangat baik.

“Saya mengamati dan melihat kopi Sidikalang. Saya turun ke petani kopi dan menikmati kopi Sidikalang. Rasanya enak dan punya ciri khas. Karena punya cita rasa maka dibuat kopi kapsul Sidikalang,” kata Rudi.

Rudi menjelaskan, kopi kapsul ini baru dibuat. Kalau tidak salah kata dia sekira bulan Oktober tahun 2022.

“Produknya ini masih baru. Saya ingat kalau tidak salah sekitar bulan Oktober. Lalu kami buat, mungkin inilah jalan Tuhan Yang Maha Kuasa. Lalu pak Bupati Dairi Eddy Berutu juga sampaikan demikian, ini mungkin jalan untuk memperkenalkan kopi Sidikalang. Namun sebelum produk ini saya keliling ke 20 desa dan menganalisa kopi. Lalu produk ini muncul,” katanya.

Sebagaimana diketahui kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perindagkop UKM Kabupaten dan Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Dairi.

Related Articles

Back to top button