Pengumuman

SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN DAIRI TAHUN 2019

PEMERINTAH KABUPATEN DAIRI
PANITIA SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN DAIRI TAHUN 2019

Sekretariat : Gedung BKPSDM Kabupaten Dairi Jalan Ki Hajar Dewantara Nomor 1 Telepon : (0627) 23787 Faks : (0627) 23787 website :www.portal.dairikab.go.id

PENGUMUMAN
Nomor : 01/PANSEL/2019

T E N T A N G
SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN DAIRI TAHUN 2019

            Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Tahun 2019, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah, dengan ini kami mengundang Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi, Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara, yang memenuhi syarat untuk mengikuti Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi, dengan ketentuan sebagai berikut :

I. PERSYARATAN
A. Persyaratan Umum.

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil;
  2. Sehat Jasmani dan Rohani serta bebas dari penyalahgunaan NAPZA;
  3. Sekurang-kurangnya memiliki Pangkat/Golongan Ruang Pembina Tk.I (IV/b) minimal 1 (satu) tahun pada Tanggal 1 Oktober 2019;
  4. Sedang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama;
  5. Berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pada 10 Januari 2020;
  6. Memiliki Kualifikasi Pendidikan minimal Strata 1 (S1);
  7. Semua Unsur Penilaian Prestasi Kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  8. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah;
  9. Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana atau sedang dalam proses pemeriksaan dan atau menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau tingkat berat berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  10. Telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) atau Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN);
  11. Berkomitmen menandatangani Pakta Integritas;
  12. Setiap pelamar wajib memiliki akun e-mail pribadi.

B. Persyaratan Khusus :
Sekurang-kurangnya pernah menduduki 2 (dua) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (setara eselon II b) yang berbeda, atau jabatan Fungsional Pangkat Pembina Tingkat I (IV/b) jenjang Madya sekurang-kurangnya selama 2 (dua) tahun terakhir;

II. TATA CARA PENDAFTARAN
A. Pendaftaran Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi sebagaimana tersebut dalam jadwal tahapan pelaksanaan seleksi pada pengumuman ini.
B. Dokumen Persyaratan Pendaftaran :

  1. Surat Lamaran bermaterai Rp. 6000,- ditujukan Kepada Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi (Lampiran I);
  2. Surat Pernyataan Mendaftarkan Diri bermaterai Rp. 6000,- (Lampiran II);
  3. Daftar Riwayat Hidup (Lampiran III);
  4. Fotocopy Keputusan Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama minimal melampirkan 2 (dua) jabatan terakhir atau jabatan fungsional Pangkat Pembina Tk. I (IV/b) jenjang Madya sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun yang dilegalisir oleh Perangkat Daerah yang membidangi Urusan Kepegawaian;
  5. Fotocopy SK pangkat terakhir yang dilegalisir oleh Perangkat Daerah yang membidangi urusan kepegawaian;
  6. Fotocopy Ijazah S1/S2/S3, dilegalisir oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan;
  7. Fotocopy Sertifikat Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan Tingkat II (bagi yang memiliki) dilegalisir oleh Perangkat Daerah yang membidangi urusan kepegawaian;
  8. Fotocopy Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir dilegalisir oleh Perangkat Daerah yang membidangi urusan kepegawaian;
  9. Surat Persetujuan/Rekomendasi yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Daerah (Lampiran IV);
  10. Surat Keterangan Tidak Pernah dijatuhi Hukuman Pidana/Perdata atau Hukuman Disiplin tingkat sedang atau berat, yang dikeluarkan oleh PPK atau pejabat lain yang menangani urusan kepegawaian paling rendah menduduki JPT Pratama (Lampiran V);
  11. Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah yang terdiri dari :
    a. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani;
    b. Surat Keterangan bebas dari penyalahgunaan NAPZA.
  12. Pakta Integritas bermaterai Rp. 6000,- (Lampiran VI);
  13. Fotocopy bukti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) atau Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) tahun terakhir;
  14. Pas photo terbaru ukuran 4 x 6 cm berwarna, latar belakang warna merah sebanyak 6 (enam) lembar.

C. Tahapan Seleksi :
Seleksi terdiri atas beberapa tahapan, meliputi seleksi administrasi, penelusuran rekam jejak jabatan, integritas dan miralitas, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural serta seleksi kompetensi bidang.

  1. Seleksi Administrasi
    a. Sekretariat panitia melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
    b. Kepala sekretariat menetapkan dan mengumumkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
  2. Penelusuran Rekam Jejak
    a. Panitia Seleksi melakukan penelusuran Rekam Jejak Jabatan, Integritas dan Moralitas ke Instansi asal.
  3. Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural.
    a. Panitia seleksi bekerjasama dengan lembaga penilai kompetensi (Assessment Center);
    b. Panitia seleksi menetapkan dan mengumumkan calon peserta yang memenuhi syarat berdasarkan hasil assessment untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya.
  4. Seleksi Kompetensi Bidang.
    a. Panitia seleksi akan melakukan penilaian terhadap Kompetensi Bidang/Teknis;
    b. Panitia seleksi melakukan penilaian penulisan makalah peserta yang dilanjutkan dengan wawancara;
    c. Panitia seleksi menetapkan dan mengumumkan peserta yang dinyatakan lulus seleksi tahap penulisan makalah dan wawancara;
    d. Panitia seleksi menetapkan dan merekomendasikan 3 (tiga) orang peserta berdasarkan peringkat nilai yang dicapai untuk masing-masing jabatan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

III. JADWAL TAHAPAN PELAKSANAAN SELEKSI

NO K E G I A T A N TANGGAL
1 2 3
1. Pengumuman 29 Oktober s/d 12 November 2019
2. Pendaftaran dan penyerahan berkas 1 s/d 14 November 2019
3. Penyampaian Makalah kepada Sekretariat Panitia Seleksi 14 s/d 15 November 2019
4. Seleksi Administrasi 18 s/d 19 November 2019
5. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 20 November 2019
6. Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural (Assessment Center) 25 November 2019
7. Penelusuran Rekam Jejak Jabatan, Integritas dan Moralitas 26 November 2019
8. Seleksi Kompetensi Bidang, Presentase dan Wawancara 27 November 2019
9. Penetapan Hasil Akhir Seleksi 28 November 2019
10. Pengumuman hasil seleksi 29 November 2019
11. Penyampaian hasil akhir Kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) 3 Desember 2019
12. Koordinasi Hasil Seleksi dengan Gubernur Sumatera Utara 5 s/d 6 Desember 2019
13. Penyampaian Proses dan Hasil Seleksi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara 11 s/d 13 Desember 2019

Keterangan :
1. Jadwal tersebut diatas sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kondisi yang ada dan setiap perubahan akan diberitahukan kepada peserta;
2. Sebelum penetapan akhir Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah, Bupati Dairi terlebih dahulu berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Utara.

IV. KETENTUAN LAIN LAIN

  1. Berkas Administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
  2. Bagi pelamar yang tidak memenuhi syarat Seleksi Administrasi, berkas tidak dikembalikan dan menjadi arsip Panitia Seleksi;
  3. Berkas lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disusun rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, dibuat sebanyak 2 (dua) rangkap dan dijilid serta dimasukkan dalam 1 (satu) amplop tertutup yang ditujukan kepada Yth. :
    KETUA PANITIA SELEKSI PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN DAIRI
    d/a. SEKRETARIAT PANITIA SELEKSI
    BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN
    SUMBER DAYA MANUSIA
    Jln. Ki HAJAR DEWANTARA NOMOR 1 SIDIKALANG
    Contact Person. 0813 9705 5083 a.n. Buha Pasaribu.
  4. Waktu pendaftaran adalah pada waktu hari kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB bertempat di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Dairi;
  5. Keputusan Panitia Seleksi setiap tahap adalah final dan tidak dapat diganggu gugat;
  6. Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya;
  7. Seluruh biaya akomodasi, transport kelengkapan administrasi yang dikeluarkan oleh peserta selama proses seleksi ditanggung oleh masing-masing peserta;
  8. Apabila dikemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi;
  9. Setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui papan pengumuman Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Dairi dan dapat dilihat melalu website www.portal.dairikab.go.id;
  10. Mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau informasi mengenai peserta Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi, masukan tersebut dapat dikirim melalui e-mail subbidmutasi1@gmail.com.

Sidikalang, 29 Oktober 2019.

KETUA PANITIA SELEKSI

tto

H. NOUVAL MAHYAR, SH

 

[embeddoc url=”http://portal.dairikab.go.id/wp-content/uploads/sites/35/2019/10/Pengumuman-Sekda-Kab.-Dairi.pdf” width=”0%” height=”0%” download=”all” text=”Klik Untuk Download File”]

Related Articles

Back to top button