BannerBerita

Jelang Bazar-Day Ceria, PLUT Dairi Fasilitasi Pembukaan Rekening QRIS bagi Pelaku Usaha

DAIRIKAB.go.id – Menjelang pelaksanaan Deklerasi Bazar-Day September Ceria yang dilaksanakan Paguyuban UMKM Go Dairi pada 8-10 September mendatang, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Dairi melaksanakan fasilitasi pembukaan rekening QRIS di Gedung PLUT Raja Asah Ujung Van Keppas Sidikalang, Selasa (5/9/2023).

Pembukaan rekening QRIS diberikan bagi 26 pelaku usaha yang terlibat dalam memeriahkan Bazar-Day September Ceria, melalui kerja sama dengan Bank Mandiri KCP Sidikalang.

Demikian disampaikan Plt. Kepala UPT PLUT Manarsar Marisi Halomoan Siburian,SE melalui Konsultan/Pendamping Pemasaran PLUT KUMKM Dairi Indah Sri Berutu.

“QRIS merupakan akses pembayaran digital bagi UMKM dalam transaksi jual beli produk yang mereka miliki. Melalui QRIS, pelaku UMKM akan lebih mudah dalam melakukan transaksi, baik pada saat pelaksanaan bazar nanti maupun untuk seterusnya,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Branch Operation Sepervisor Bank Mandiri Romaito Sihombing menyampaikan tujuan kerja sama dengan PLUT adalah membantu pendaftaran QRIS atau Livin Merchant bagi masyarakat yang terdaftar sebagai pelaku UMKM Dairi, sebagai bentuk dukungan dalam mensukseskan deklerasi dan Bazar-Day September Ceria UMKM Kabupaten Dairi.

“Secara teknis kita bantu pelaku usaha untuk buka rekening mandiri yang jenisnya Tabungan Now (Tab Now). Untuk rekening itu sendiri saldonya murah bisa sampai 10ribu, biayanya murah, cukup efektif, dan efisien untuk dipakai oleh pengguna rekening sebagai pelaku UMKM,” ucapnya.

Disamping itu, kata Romaito, pembukaan rekening Tab Now disertakan dengan pembuatan QRIS.

“Qris adalah kode batang dari rekening untuk memudahkan transaksi. Misalnya tidak ada uang kembalian, uang masuk di hari yang sama, tidak ada biaya apapun, dan bisa dibayarkan dari semua jenis rekening tanpa merugikan pihak pembeli,” kata Romaito.

Sebelumnya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu telah melakukan audiensi dengan UMKM Go Dairi untuk membahas tentang pelaksanaan Bazar-Day September Ceria.

Dalam pertemuan tersebut, Eddy Berutu menyampaikan dukungan penuh dalam meningkatkan kualitas produk UMKM Dairi sehingga dapat memperluas pangsa pasar di tingkat global. (yS)

Related Articles

Back to top button