Berita

Dairi Raih SP20 Tertinggi se-Sumut, Bupati Dairi Diminta Menjadi Keynote Speaker

BERASTAGI – Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu diundang oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara sebagai Keynote Speaker pada acara rapat Evalusi Kegiatan SP20 dan Data Sosial lainnya Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara, Senin (7/12/2020) di Mikie Holiday Resort.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam paparannya menyampaikan terimakasih karena sudah diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan menceritakan bagaimana Kabupaten Dairi bisa sukses dalam Sensus Penduduk tahun 2020 dan berhasil meraih capaian persentase tertinggi di Provinsi Sumatera Utara (respon penduduk 48,60 persen).

Dairi Raih SP20 Tertinggi se-Sumut, Bupati Dairi Diminta Menjadi Keynote Speaker

”Atas kinerja yang baik dari seluruh masyarakat Dairi dan pihak yang terkait, hari ini kita diberi kesempatan untuk menjadi Keynote Speaker dan menceritakan bagaimana Kabupaten Dairi bisa sukses dalam Sensus Penduduk tahun 2020. Kita berharap, hal ini menjadi dorongan dan motivasi buat kita semua,”ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Dairi Eddy Berutu memaparkan sesuai dengan adanya Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Bupati Dairi merasa sudah ”tune in” dengan Badan Pusat Statistik dalam hal pengelolaan data, sehingga mahal menjadi tidak relevan lagi.

Diakuinya, pengalaman ketidakkonsistenan data di awal masa jabatan menjadi pembelajaran. Excercise apapun yang dilakukan dengan anggaran yang ada tidak bisa menjadi daya ungkit untuk mengatasi persoalan di masyarakat, jika data yang digunakan tidak tepat.

” Data itu mahal, tapi membangun tanpa data jauh lebih mahal. Pemerintah bergemilang data, namun tersebar di berbagai instansi, sangat penting untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya data. Kami berharap BPS bisa hadir sebagai pembina statistik sektoral. kalau bisa kami ingin menyerahkan pengelolaan data kepada BPS, sehingga BPS dapat memberikan guidence, tools dan knowledge bagi Pemerintah Daerah sehingga Pemda dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan pemerintahan dengan baik,” harapnya.

Lebih lanjut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menyampaikan berbagai perencanaan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mempromosikan Dairi di kancah dunia. Dikatakannya, kebutuhan akan data yang akurat sangat dibutuhkan oleh Pemda, sehingga penghitungan yang dilakukan oleh investor lebih sahih.

”Kami sudah melakukan perencanaan memperomosikan Kabupaten Dairi di kancah dunia karena banyak Potensi Dairi belum dieksplorasi secara optimal dimana Dairi memiliki pertanian yang bagus, lahan dengan elevasi yang bagus, didukung oleh populasi yang besar dan budaya pekerja keras. Semestinya sektor pertanian dan pariwisata bisa lebih di optimalkan lagi.” tutur Beliau.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara, Dr. Syech Suhaimi menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dairi atas capaiannya selama pelaksanaan Sensus Penduduk Online dimana merupakan capaian persentase tertinggi di Provinsi Sumatera Utara.

”Terimakasih sudah menjadi Kabupaten dengan capaian persentase tertinggi di Provinsi Sumatera Utara. kita sangat mengapresiasi dan berharap, prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” katanya.

Galeri :

Related Articles

Back to top button