BannerBerita

Bupati Eddy Berutu Targetkan November 30.000 Siswa Dairi Tuntas Program Gasing

DAIRIKAB.go.id – Sebanyak 259 sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Dairi kembali mengikuti pelatihan matematika metode Gampang, Asik, dan Menyenangkan (Gasing).

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Sekolah Yayasan Bukit Cahaya Sidikalang, Jumat (8/9/2023).

Ini merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya guna mengejar tercapainya target 30 ribu siswa SD dan SMP se-Kabupaten Dairi mendapatkan program ini.

Sedikit bercerita, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa program Gasing ini terselenggara diawali dari obrolan santai saat menghadiri undangan Menkomarves Luhut Panjaitan di acara wisuda Yayasan DEL.

“Pembicaraan pun berlanjut bertemu Profesor Yohanes Surya. Cerita Prof. Surya menginspirasi saya untuk membuktikan bahwa anak yang tidak suka matematika menjadi suka dan inilah tantangan yang diberikan Prof.Surya. Ini yang saya bawa ke Dairi,” kata Bupati.

Dalam perjalanannya, program ini tidak mudah dilakukan karena terkendala pada anggaran dan regulasi. Namun seiring waktu Presiden Jokowi menyetujui agar program ini dibuatkan nomenklaturnya.

“Hari ini adalah buktinya, program ini bisa kita laksanakan dengan target 30 ribu anak SD hingga SMP tahun ini harus tuntas,” tegasnya.

Lebih jauh Eddy Berutu menyampaikan bahwa Oktober nanti Prof Surya akan hadir untuk lakukan review termasuk memilih beberapa guru untuk sharing ilmu ke daerah lain.

“Hari ini kita sudah tunjukkan kita hebat. Kita lakukan program ini secara mandiri tanpa pendampingan dari profesor. Ini membuktikan kualitas SDM kita unggul.

Saya berpesan, serap ilmunya praktekkan pada anak-anak. Target 30 ribu itu mudah, namun nilai lebih dari keberhasilan angka itu yang ingin kita kejar,” katanya mengakhiri.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Kadis Pendidikan JW.Purba, Kabid SD Viddon Rajagukguk, Bunda Literasi Romy Mariani Eddy Berutu, Ketua Yayasan Bukit Cahaya Sumihar Silalahi, para guru dan mentor serta para siswa SD dan SMP peserta pelatihan. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 22 September mendatang. (Ds)

Related Articles

Back to top button